Intel baru saja meluncurkan prosesor Atom N550, chip Atom dual core pertamanya. Tentu berita baik bagi calon pembeli netbook yang sedang memilih model netbook, karena akan semakin banyak saja netbook cepat yang beredar. Netbook memiliki keunggulan karena bentuk yang kecil, ringan, baterai yang tahan lama, sehingga mudah dibawa kemanapun.

Prosesor dual core Intel Atom N550 ini akan tersedia dalam berbagai model netbook dari berbagai produsen ternama, sebut saja beberapa diantaranya Acer, Asus, Fujitsu, Lenovo, LG, Samsung, MSI, dan Toshiba. Pada ajang Computex 2010 yang berlangsung di Taiwan beberapa waktu lalu juga sempat dipamerkan netbook dengan Atom N550, Acer Aspire One D255 dan Asus Eee PC 1015N.

Prosesor Atom memang dipersiapkan sebagai alternatif dari prosesor Celeron karena lebih hemat energi. Hadirnya Atom ini juga telah mendorong pesat pertumbuhan netbook hingga seperti sekarang. Prosesor Intel Atom N550 ini diproduksi melalui proses 45nanometer, memiliki kecepatan 1.5 Ghz, dan telah mendukung memori DDR3. Meski begitu tetap saja netbook memiliki kelas sendiri, berbeda dengan notebook yang dikhususkan untuk kebutuhan komputasi yang lebih tinggi.

Intel terlihat semakin menunjukkan taringnya, setelah membeli perusahaan anti virus terkemuka, McAfee, Intel juga merambah dunia ponsel dengan mengembangkan sistem operasi MeeGo bersama Nokia. Sedangkan prosesor dual core juga mulai memasuki perangkat elektronik seperti ponsel dan tablet. Dapatkan Netbook mempertahankan popularitasnya dan bersaing dengan banyaknya perangkat bergerak dewasa ini?

sumber : kassa9.com

Iklan