Sukadana, Lampung Timur (ANTARA News) – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Lampung Timur memanfaatkan kecanggihan teknologi melalui “Internet Protocol Camera” (IP Camera) untuk memantau kelancaran arus mudik Idul Fithri 1431 H.

Kepala Seksi Data Telematika dan Informatika Dishubkominfo Lampung Timur, Deni Ardiansyah, di Sukadana, Rabu, menjelaskan bahwa pemasangan IP Camera berada di dua titik, antara lain di depan Terminal Matarambaru dan di perempatan Matarammarga Kecamatan Sukadana, Lampung Timur, yang merupakan titik strategis arus lalu lintas di daerah itu.

“Kedua titik itu dapat dilihat kepadatan jumlah kendaraan yang melewati jalan lintas pantai timur,” katanya.

Ia menjelaskan, pemasangan IP Camera di depan Terminal Matarambaru bertujuan untuk memantau kendaraan yang akan masuk maupun keluar terminal, sehingga beberapa aktivitas di terminal dapat diketahui.

“Aktivitas pembayaran retribusi di terminal juga dapat diketahui, sehingga pemantauan itu dapat mengantisipasi ketidakpatuhan pelaksanaan retribusi yang dilakukan petugas maupun pengemudi,” paparnya.

Ia menambahkan, pemanfaatan teknologi dalam penanganan arus lalu lintas tahun ini merupakan kemajuan, sebab dengan adanya IP Camera itu pemantauan kelancaran lalu lintas dapat dilaksanakan dengan efektif.

“Dengan adanya IP Camera, arus lalu lintas dapat dipantau di berbagai tempat, asalkan ada akses Internet,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Lampung Timur, Afdal Faisal, di Sukadana, menjelaskan bahwa penanganan arus mudik rutin dilakukan setiap tahun, namun pada 2010 diharapkan lebih maksimal.

Menurut dia, dalam penanganan arus mudik, pihak Dishubkominfo telah menyediakan enam pos komando taktis (poskotis), menyiapkan personel pemantau, dan juga memanfaatkan teknologi melalui IP Camera itu.

“Diharapkan penanganan arus mudik lebaran tahun 2010 ini semakin maksimal, sehingga tingkat kelancaran arus mudik semakin meningkat melalui jalan lintas pantai timur maupun jalan antarprovinsi di Lampung Timur,” ujarrnya.

Sebelumnya, Dishubkominfo Lampung Timur telah menyiapkan enam pos komando taktis (poskotis), diantaranya di Kecamatan Waybungur, Matarambaru, Bandarsribawono, Sekampungudik, Pasirsakti, Sukadana, dan Pekalongan.

Keenam poskotis itu merupakan titik strategis, karena dilewati para pemudik dari Pelabuhan Bakauheni yang melintasi jalan lintas pantai timur.
(T.ANT-047/P003)

COPYRIGHT © 2010

sumber: antaranews.com

Iklan