VIVAnews – Sesuai jadwal, Nokia akhirnya menjawab rumor kemunculan Nokia 5250. Hari ini, produsen asal Finlandia itu menambah jajaran ponsel musiknya dengan meluncurkan Nokia 5250, ponsel layar sentuh musik sederhana terbaru.

Berdasarkan situs Boy Genius Report, Nokia 5250 memang ponsel layar sentuh TFT biasa, bukan sejenis ponsel pintar (smartphone) sekelas Nokia N97 atau Nokia E90. Ponsel ini tidak menawarkan fitur mewah. Mengunggulkan kemampuan audio, ponsel berlayar 2,8 inci (360×640 piksel) ini menyuguhkan layanan Ovi Music Unlimited di beberapa negara.

Pada tampilan depan, perangkat musik-sentris ini menghadirkan pemutar musik berikut sejumlah track yang bisa diunduh dari Ovi Music atau koleksi pribadi. Memori internalnya cukup kecil, hanya 51MB. Tapi, kapasitas ini bisa diakali dengan kartu memori microSD hingga 16GB, cukup untuk menampung sekitar 4.000 lagu.

Untuk menyempurnakan pengalaman baru di sisi audio, Nokia juga menyisipkan radio FM pada ponsel Symbian S60 release 5 ini. Menariknya, untuk memperkental kesan musik pada Nokia 5250, vendor nomor satu dunia itu juga menginstal Guitar Hero 5 Mobile di dalamnya.

Selain pemutar musik, di bagian depan disuguhkan aplikasi-aplikasi jejaring sosial, seperti Facebook dan MySpace, e-mail, jam, dan daftar kontak favorit yang sering dihubungi.

Untuk layanan e-mail, pengguna dapat login lebih dari satu akun e-mail. Bisa di Ovi Mail, Gmail, dan Yahoo! Mail, semudah memasukkan akun instant messenger (IM). Jika ingin menambah aplikasi lain, pengguna bisa menggunakan Ovi Store.

Sayang, untuk daya tahan baterai, meski diklaim Nokia mampu bertahan standby hingga 450 jam, waktu bicara 7 jam 40 menit, memutar musik 24 jam, nyatanya Nokia 5250 hanya ditenagai baterai standar Li-Ion 1000 mAh (BL-4U), dibandingkan ponsel musik Nokia X6 dengan kemampuan baterai 1320 mAh.

Di samping itu, untuk konektivitas data pun tidak terlalu mewah. Tak ada 3G dan Wi-Fi. Untuk akses data (Internet), Nokia 5250 dilengkapi dengan EDGE, plus Bluetooth dan microUSB 2.0.

Sebelum pajak dan subsidi dari para operator, Nokia 5250 dibanderol dengan harga 115 euro, setara Rp1,3 juta. Kabarnya, produk ini akan mulai tersedia merata di kuartal keempat tahun ini. (art)

sumber: VIVAnews.com

Iklan