Pekan lalu, Canon telah mengumumkan tengah mengembangkan sensor CMOS APS-H dengan resolusi 120MP, yang diklaim sebagai pertama di Dunia. Kali ini rajanya kamera asal Jepang tersebut mengumumkan sensor CMOS terbesar di Dunia. Ukurannya 40 kali lipat lebih besar dari sensor CMOS canon full frame 35mm yang ada saat ini.

Sensor CMOS terbesar di Dunia ini memiliki ukuran 20.2×20.5cm. Semakin besar sensor maka akan semakin besar juga kemampuannnya menangkap cahaya, jadi sepertinya menangkap gambar atau video berkualitas tinggi dalam keadaan malam hari yang super gelap sekalipun sepertinya tidak akan menjadi masalah. Canon mengklaim sensor ini mampu mengambil gambar meski hanya 1/100 dari cahaya minimum yang dibutuhkan oleh DSLR profesional sekarang, seperti halnya Canon 5D mark II yang telah menggunakan sensor fullframe 35mm. Sensor ini juga mampu merekam video 60fps pada hanya 0.3 lux of illumination.

Canon masih belum mengumumkan kapan sensor CMOS terbesar ini akan tersedia, namun setidaknya dapat melihat gambar perbandingannya yang ada di kiri, sedangkan kanan: sensor CMOS 35mm.

via crunchgear

sumber: kassa9.com

Iklan