SAN FRANCISCO – Komputer tablet milik Apple, iPad, sedang berada di atas angin. Masih sedikitnya pemain di pasar tablet membuat iPad melaju sendirian menguasi market share.

Dari data yang dikeluarkan perusahaan survei Strategy Analytics melaporkan, penjualan tablet selama kuartal ketiga kemarin terjadi peningkatan permintaan komputer tablet hingga 26 persen dari kuartal sebelumnya.

Kuartal yang berakhir pada September lalu itu menyebutkan ada total 4,4 juta tablet yang terjual selama triwulan. Bisa ditebak, dari 4,4 juta tablet tersebut iPad menguasai market share hingga 90 persen lebih, yang sukses menjual 4,19 juta unit iPad.

Dilansir melalui Apple Insider, Rabu (3/11/2010), iPad yang dilempar ke pasaran pada April kemarin sukses membuat ceruk baru bagi pasar tablet. Pasalnya, selama April hingga tiga bulan selanjutnya, iPad sudah berhasil menjual 3,5 juta unit.

“Perang tablet akan terus meningkat dan berlari. Apple sebagai pemegang merek yang paling terkenal akan menguasai bisnis multimiliar ini secara global. Apalagi desain yang user-friendly dan harga yang kompetitif membuat Apple sulit dibendung,” papar analisis Neil Mawston.

Kendati demikian, Apple bukannya tanpa pesaing, karena iPad akan mendapat tantangan serius dari tablet yang berbasis Android. Bahkan, selama kuartal ketiga lalu, tablet OS Google ini sudah menguasai pasar sebesar 2,3 persen. Android dan iPad juga tidak sendirian, karena Windows pun siap menggebrak dengan tabletnya.
(srn)

sumber: okezone.com

Iklan