BEIJING – Satu pengguna seluler di Indonesia kebanyakan memiliki dua hingga 4 ponsel. Jika ponsel dual simcard sudah biasa, kini satu ponsel bisa dipenuhi dengan 4 simcard.

Perusahaan semikonduktor asal China, Spreadtrum Communication mengklaim telah mengembangkan sebuah chip yang dapat menampung empat nomor sekaligus. Solusi chip ini dianggap yang pertama di dunia.

Single chip yang diberi tajuk SC6600L6 ini memungkinkan empat buah simcard GSM dioperasikan secara bersamaan dalam satu ponsel saja.

SC6600L6 memungkinkan empat kartu sim GSM berjalan secara bersamaan pada modus siaga dengan menumpang baseband dan radio frekuensi yang sama. Single chip ini mengintegrasikan mesin prosesor dan controller untuk mendukung empat kartu sim dan memaksimalkan grafis antarmuka yang ditingkatkan untuk empat sim.

Produk ini tidak melulu mengaktifkan empat kartu yang ada. Pengguna ponsel bisa memilih untuk menghidupkan jumlah kartu yang diinginkan, baik hanya satu simcard, dua, atau tiga, dengan maksimal jumlah simcard yang aktif adalah 4 asalkan masih berada di frekuensi yang sama .

Produk ini mendukung opsi multisim yang berbeda, termasuk dual SIM, triple SIM, dan empatSIM dalam satu set baseband dan chip RF, memberikan lebih banyak pilihan untuk desainer handset dan memenuhi kebutuhan pengguna dari berbagai daerah.

“Solusi quad-sim ini merupakan penemuan terbaru sebagai bukti upaya kami memaksimalkan inovasi teknologi,” ujar Presiden dan CEO Spreadtrum Dr. Leo Li, seperti dikutip melalui Cellular News, Rabu (3/11/2010).

Sebelumnya, Spreadtrum juga dikenal sebagai perusahaan yang menemukan chip ponsel yang bisa digunakan untuk dua hingga tiga simcard.

“Kami mendedikasikan nilai produk kami dengan menciptakan fitur atraktif untuk konsumen kami. Solusi empat simcard di satu ponsel ini dipastikan akan cukup berguna di negara-negara dengan banyak operator seluler, dan juga bagi para pebisnis yang ingin selalu terhubung,” ujar Li. (srn)

sumber: okezone.com

Iklan