CALIFORNIA – Google merupakan salah satu perusahaan yang paling rajin dalam mengupdate versi sistem operasi Android mereka. Lalu, berapa banyak pengguna yang sering melakukan imigrasi ke OS yang paling baru?

Menurut statistik terbaru yang dirilis oleh Google, hanya 36,2 persen dari ponsel Android yang menjalankan versi terbaru dari sistem operasi, dan 23 persen adalah menjalankan versi lama yang lebih dari satu tahun.

Jadi versi yang paling umum dari versi Android yang paling banyak digunakan adalah versi 2.1 atau Eclair. Ini adalah versi Android yang hampir semua ponsel berbasis OS Googel tersebut ada selama tahun ini, sehingga menyebabkan tingkat adopsi yang tinggi.

Namun, banyak orang yang membeli ponsel Android dalam beberapa bulan terakhir belum menerima upgrade ke versi 2.2 dalam perangkat genggam mereka. Demikian yang dilansir Softpedia, Kamis (4/11/2010).

Ponsel Samsung Galaxy S bersama dengan model lainnya seperti HTC, LG, dan Samsung belum upgrade ke versi Froyo tersebut. Sedangkan Keluarga Droid dari Motorola telah mendapat pembaharuan untuk platform Android terbaru, tapi yang pasti hanya mewakili sebagian kecil orang yang telah membeli ponsel Android.

Beberapa pengguna ponsel ini menunda upgrade, tetapi beberapa diantaranya tidak akan pernah melakukannya. Hal yang sama berlaku untuk ponsel dibawah versi Android 2.1, yang mewakili sekitar seperempat dari semua pemilik ponsel Android.

Berikut presentase pengguna Android berdasarkan versinya,

1. Android 1.5: 0.1 persen
2. Android 1.5: 7,9 persen
3, Android 1.6: 15,0 persen
4. Android 2.1 :40,8 persen
5. Android 2,2: 36,2 persen
(tyo)

sumber: techno.okezone.com

Iklan