JAKARTA, KOMPAS.com – PT Indosat Mega Media (IM2) sebagai penyedia jasa internet dan multimedia di Indonesia menggelar kompetisi pembuatan apliikasi berbasis platform Android. Kompetisi untuk mempromosikan i-Store, layanan penyedia aplikasi dan game untuk Android hasil kerjasama IM2 dan Indosat.

“Melalui IM2 Android Application Contest ini, kami berusaha menjaring potensi dari berbagai pelaku di Indonesia dengan mengundang mereka mengembangkan aplikasi berbasis Android. Aplikasi yang dikembangkan kemudian dipromosikan melalui i-Store,” kata Mohammad Amin, Direktur Planning dan Development IM2, Rabu (15/12/2010), di Jakarta.

Amin mengatakan, tujuan kompetisi ini selain mewadahi kreativitas pembuat software lokal dan berupaya menembus pasar aplikasi berbasis platform android, kompetisi IM2 Android Application Contest menawarkan keuntungan finansial bagi pengembang software. “Pendapatan bagi pengembang bersumber dari transaksi pembelian dan pendapatan iklan di i-Store,” papar Amin.

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta dapat mendaftarkan diri secara online melalui i-store.indosatm2.com. Setelah terdaftar, peserta diminta meng-upload aplikasi yang ingin dilombakan. Pendaftaran dan pengiriman aplikasi dibuka selama tiga bulan yaitu sejak 15 Desember 2010-1 April 2011 . “Kompetisi ini terbuka untuk siswa SMU, perguruan tinggi, dan kalangan umum,” kata Amin.

Amin mengatakan, dari aplikasi yang terdaftar secara online, juri-juri dari Manajemen IM2, Google Admob, dan IMO akan melakukan seleksi awal secara online. Di babak penyisihan, juri akan memilih finalis per kategori yaitu aplikasi dan kategori game. Di babak selanjutnya, juri akan bertemu merundingkan pemenang dari finalis terpilih.

Aplikasi yang diikutsertakan dalam kompetisi, kriterianya yaitu orisinalitas, kreativitas atau keunikan, kemudahan, dan kriteria entertainment.

Untuk hadiahnya, kategori Best Aplikasi, IM2 menyediakan hadiah:

Juara 1: 25 Juta+Handset Android+SP Broom
Juara 2: 20 Juta+Handset Android+SP Broom
Juara 3: 15 Juta+Handset Android+SP Broom

Sementara untuk kategori Best Game, IM2 menyediakan hadiah:

Juara 1: 25 Juta+Handset Android+SP Broom
Juara 2: 20 Juta+Handset Andorid+SP Broom
Juara 3: 15 Juta+Handset Android+SP Broom

sumber: kompas

Iklan