OS Android boleh saja meroket dan mengalahkan iPhone dalam pangsa pasar kepemilikan ponsel pintar di Amerika terakhir ini. Namun soal keamanan, OS robot hijau tersebut sepertinya masih harus mengakui kekalahannya dengan iOS besutan Apple.

Pimpinan Trend Micro, Steve Chang dalam wawancaranya belum lama ini memperingatkan bahwa Android secara signifikan lebih rentan/terbuka terhadap serangan dibanding iOS. Keputusan Google untuk membuatnya opern source juga membuatnya mudah terkenal serangan berbahaya seperti malware dan virus. Sedangkan Apple yang membuat iOS lebih tertutup memang terkesan antagonis, namun juga membawanya menjadi platform yang aman. “Kita harus memberi pujian untuk Apple karena mereka melakukannnya dengan hati-hati,” Ujarnya.

Namun bukan berarti iOS sama sekali aman, kebanyakan masalah keamanan yang dialami di iOS datang dari situs web spesial yang telah dikunjungi, situs ini dirancang untuk mengambil manfaat dari exploit tanpa patch di iPhone.

Terlepas dari sistem operasi yang dipakai, Trend Micro, perusahaan antivirus dari Amerika ini uga tertarik untuk masalah kelemahan keamanan kedua OS tersebut dengan memiliki baik aplikasi antivirus full untuk Android dan aplikasi keamanan yang lebih ringan untuk pengguna iOS

via electronista

sumber: teknoup

Iklan