Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa disaat seperti sekarang kebutuhan akan internet sangat tinggi.  Dari anak-anak,remaja, sampai dewasa pasti membutuhkan internet. Internet sekarang tidak hanya sekedar kebutuhan tapi juga tuntutan gaya hidup jaman sekarang yang tergantung akan internet. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari internet seperti sosial budaya,ekonomi,pengetahuan,politik dan masih banyak lagi hal yang bisa kita dapatkan dari internet. Jadi menilik lebih dekat maka internet ini seperti jendela dunia selain dari buku yang biasa kita baca sehari-hari.

Berbica tentang pengalaman pribadi saya sendiri dalam menggunakan internet tentu banyak hal positif yang saya dapatkan. Dari pengetahuan umum,sosial,politik dan segala sesuatu yang sedang terkenal waktu itu. Saya pertama mengenal internet ini ketika duduk dibangku SMK kelas 2 tahun 2006. Saat itu dikota saya warnet masih sangat jarang,tidak seperti sekarang yang begitu banyak warnet karena memang kebutuhan masyarakat akan internet sangat tinggi. Pada saat saya pertama mengenal internet kecepatan internet di warnet itu sendiri tidak begitu kencang seperti sekarang. Alih-alih ingin mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi  juga perlu waktu yang lumayan lama karena kecepatan internet pada saat itu memang kurang memadai. Tapi itu tidak menyurutkan semangat menggali dan mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi dari internet.

Kedepan saya yakin penggunaan internet ini akan semakin meluas, oleh karena itu saya sangat senang ketika mendengar ada inovasi RT/RW net. RT/RW-Net adalah jaringan komputer swadaya masyarakat dalam ruang lingkup RT/RW melalui media kabel atau Wireless 2.4 Ghz dan Hotspot sebagai sarana komunikasi rakyat yang bebas dari undang-undang dan birokrasi pemerintah. Pemanfaatan RT/RW Net ini dapat dikembangkan sebagai forum komunikasi online yang efektif bagi warga untuk saling bertukar informasi, mengemukakan pendapat, melakukan polling ataupun pemilihan ketua RT/RW dan lain-lain yang bebas tanpa dibatasi waktu dan jarak melalui media e-Mail/Chatting/Web portal, disamping fungsi koneksi internet yang menjadi fasilitas utama. Bahkan fasilitas tersebut dapat dikembangkan hingga menjadi media telepon gratis dengan teknologi VoIP.

Tujuan membangun RT/RW-Net

– Turut serta dalam pengembangan internet murah di masyarakat.
– Membangun komunitas yang sadar akan kehadiran teknologi informasi dan internet.
– Sharing informasi dilingkungan RT/RW sehingga masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan disekitarnya.
– Mempromosikan setiap kegiatan masyarakat RT/RW ke Internet sehingga komunitas tersebut dapat lebih di kenal dan bisa dijadikan sarana untuk melakukan bisnis internet.

Tujuan lain dari RT/RW Net ini adalah membuat semacam Intranet yang berisi berbagai macam informasi tentang kegiatan yang ada di lingkungan sekitar. Dengan tersambungnya rumah-rumah ke jaringan Internet secara terus-menerus dan tidak terputus, maka bisnis internet diharapkan akan semakin marak termasuk pemanfaatan internet untuk pembayaran tagihan telpon, listrik, pengecekan Saldo Bank , pemesanan tiket Pesawat dll.

Jadi menurut saya inovasi RT/RW net ini akan sangat banyak diminati oleh masyarakat,mengingat banyaknya keunggulan yg diberikan. Kita juga bisa membuat orang yang belum “melek internet” akan menjadi tau betapa bergunanya internet dalam kehidupan sehari-hari.

http://www.bhinneka.com

 

Iklan